beranda

Minggu, 02 Desember 2012

BAB 3

Metodologi

Data Sekunder (Secindary Data)

Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip (data dokumenter) yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan.
Sebelum proses pencarian data sekunder dilakukan, kita perlu melakukan identifikasi kebutuhan terlebih dahulu. identifikasi dapat dilakukan dengan cara membuat pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: 1) Apakah kita memerlukan data sekunder dalam menyelesaikan masalah yang akan diteliti? 2) Data sekunder seperti apa yang kita butuhkan? Identifikasi data sekunder yang kita butuhkan akan membantu mempercepat dalam pencarian dan penghematan waktu serta biaya.
Data sekunder dapat dipergunakan untuk hal-hal sebagai berikut:
a.  Pemahaman Masalah:Data sekunder dapat digunakan sebagai sarana pendukung untuk memahami masalah yang akan kita teliti. Sebagai contoh apabila kita akan melakukan penelitian dalam suatu perusahaan, perusahaan menyediakan company profile atau data administratif lainnya yang dapat kita gunakan sebagai pemicu untuk memahami persoalan yang muncul dalam perusahaan tersebut dan yang akan kita gunakan sebagai masalah penelitian.
b. Penjelasan Masalah: Data sekunder bermanfaat sekali untuk memperjelas masalah dan menjadi lebih operasional dalam penelitian karena didasarkan pada data sekunder yang tersedia, kita dapat mengetahui komponen-komponen situasi lingkungan yang mengelilinginya. Hal ini akan menjadi lebih mudah bagi peneliti untuk memahami persoalan yang akan diteliti, khususnya mendapatkan pengertian yang lebih baik mengenai pengalaman-pengalaman yang mirip dengan persoalan yang akan diteliti
c.   Formulasi Alternative-Alternative Penyelesaian Masalah yang Layak
Sebelum kita mengambil suatu keputusan, kadang kita memerlukan beberapa alternative lain. Data sekunder akan bermanfaat dalam memunculkan beberapa alternative lain yang mendukung dalam penyelesaian masalah yang akan diteliti. Dengan semakin banyaknya informasi yang kita dapatkan, maka peneyelesaian masalah akan menjadi jauh lebih mudah.
d.  Solusi Masalah: Data sekunder disamping memberi manfaat dalam membantu mendefinisikan dan mengembangkan masalah, data sekunder juga kadang dapat memunculkan solusi permasalahan yang ada. Tidak jarang persoalan yang akan kita teliti akan mendapatkan jawabannya hanya didasarkan pada data sekunder saja.

Data Primer (Primary Data)

Data primer merupakan sumber data yang diperoleh langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data primer dapat berupa opini subjek (orang) secara individual atau kelompok, hasil observasi terhadap suatu benda (fisik), kejadian atau kegiatan, dan hasil pengujian. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data primer yaitu : (1) metode survei dan (2) metode observasi.
Metode Survei (Survey Methods)
  • Metode survei merupakan metode pengumpulan data primer yang menggunakan pertanyaan lisan dan tertulis.
  • Metode ini memerlukan adanya kontak atau hubungan antara peneliti dengan subjek (responden) penelitian untuk memperoleh data yang diperlukan.
  • Data yang diperoleh sebagian besar merupakan data deskriptif, akan tatapi pengumpulan data dapat dirancang untuk menjelesakan sebab akibat atau mengungkapkan ide-ide.
  • Umumnya digunakan untuk mengumpulkan data yang sama dari banyak subjek.
  • Teknik yang digunakan adalah (1) wawancara, dan (2) kuesioner.
Wawancara (Interview)
  • Wawancara merupakan teknik pengumpulan data dalam metode survei yang menggunakan pertanyaan secara lisan kepada responden atau subjek penelitian.
  • Teknik wawancara dilakukan jika peneliti memerlukan komunikasi atau hubungan dengan responden.
  • Data yang dikumpulkan umumnya berupa masalah tertentu yang bersifat kompleks, sensitif atau kontroversial, sehingga kemungkinan jika dilakukan dengan kuesioner akan kurang memperoleh tanggapan responden.
  • Teknik ini terutama untuk responden yang tidak dapat membaca-menulis atau sejenis pertanyaan yang memerlukan penjelasan dari pewawancara atau memerlukan penerjemahan.
  • Teknik wawancara dapat dilakukan dengan (1) melalui tatap muka dan (2) melalui telepon.

data jurnal 

Jurnal 1

 Dalam era globalisasi persaingan bisnis sangat tajam, baik di pasaran domestik maupun internasional. Banyaknya persaingan bisnis yang sama menjadi perhatian khusus bagi sang pemilik usaha, salah satu contohnya adalah warung makan sederhana mbak Sum. Karena sang pemilik ingin agar usaha warung sederhananya bertahan lama sehingga pemilik berusaha mencari solusi untuk mewujudkan impianya.

            Hal utama yang biasa diperhatikan dan diprioritaskan adalah dengan membuat strategi pemasaran yang disesuaikan dengan bauran pemasaran (Marketing Mix). Jika pelanggan terpuaskan maka mereka akan berpikir untuk kembali ke rumah makan tersebut di lain kesempatan mungkin dengan kerabat atau koleganya (pembelian ulang / loyalitas). Oleh karena itu sebagai usaha yang bergerak pada usaha rumah makan, maka perusahaan harus memberikan pelayanan yang optimal untuk meningkatkan keloyalitasan konsumen terhadap rumah makan sederhana Mbak Sum

Jurnal 2

Dewasa ini persaingan bisnis sudah semakin ketat. Untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan perlu merencanakan strategi pemasarannya. Hal yang paling mendasar dalam strategi pemasaran adalah pemahaman tentang konsep pemasaran, dimana kepuasan konsumen adalah titik pusatnya. Apabilan konsumen puas dengan apa yang konsumen dapatkan, maka konsumen akan menjaga loyalitasnya kepada perusahaan. Jadi untuk dapat bertahan dan mencapai tujuan umum perusahaan yaitu laba, maka perusahaan perlu memperhatikan kualitas produk atau jasanya agar konsumen merasa puas.

              Kepuasan Konsumen adalah suatu kondisi dimana keinginan, harapan dan kebutuhan konsumen dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan apabila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Pengukuran kepuasan konsumen merupakan salah satu elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan juga lebih efektif. Apabila konsumen merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan pleh perusahaan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini terutama sangat penting bagi pelayanan publik

Jurnal 3

Untuk melakukan kegiatan sehari-hari tentunya manusia sangat membutuhkan air, mulai dari makan, minum, mandi, dan segala keperluan lain. Khususnya untuk keperluan makan dan minum, masyarakat kini ditawarkan dengan berbagai merek air minum yang memang sangat dibutuhkan mengingat air sumur atau air tanah di kawasan ibukota tidak layak miunm.
Separuh dari tubuh manusia adalah cairan, oleh karena itu jika saja dalam sehari manusia kekurangan cairan maka sistem pencernaan,ginjal hingga otak tidak mampu bekerja secara maksimal.

          Ditengah-tengah kondisi ibukota yang kondisi air tanahnya semakin memprihatinkan, sejak tahun 1973 AQUA konsisten dengan kualitasnya membantu seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih sehat.

Di dunia kesehatan, terbukti air mineral yang bersih mampu menyehatkan dibanding minuman rasa. Oleh karena itu produk AQUA harus dikembangkan demi tercapainya masyarakat yang sehat. Kesetiaan pelanggan tidak dapat begitu saja diraih oleh PT. Aqua. Puluhan tahun  berjuang untuk meyakinkan bahwa AQUA adalah yang terbaik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar