beranda

Senin, 22 Oktober 2012

Analisis Jurnal 2


TEMA                 :    LOYALITAS KONSUMEN

JUDUL           : ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DI KANTIN BUNGA
PENGARANG  : Anastasia Indrias Putri (Ekonomi – Manajemen, Universitas Gunadarma)
TAHUN               : 2011
.
LATAR BELAKANG MASALAH
          Dewasa ini persaingan bisnis sudah semakin ketat. Untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan perlu merencanakan strategi pemasarannya. Hal yang paling mendasar dalam strategi pemasaran adalah pemahaman tentang konsep pemasaran, dimana kepuasan konsumen adalah titik pusatnya. Apabilan konsumen puas dengan apa yang konsumen dapatkan, maka konsumen akan menjaga loyalitasnya kepada perusahaan. Jadi untuk dapat bertahan dan mencapai tujuan umum perusahaan yaitu laba, maka perusahaan perlu memperhatikan kualitas produk atau jasanya agar konsumen merasa puas.
              Kepuasan Konsumen adalah suatu kondisi dimana keinginan, harapan dan kebutuhan konsumen dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan apabila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Pengukuran kepuasan konsumen merupakan salah satu elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan juga lebih efektif. Apabila konsumen merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan pleh perusahaan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini terutama sangat penting bagi pelayanan publik.
.
MASALAH
          Berdasarkan hal-hal yang tersebut diatas, maka pokok masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Adakah kaitan antara kepuasan konsumen dengan mutu atau strategi pemasaran?
2.  Adakah faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen?
.
TUJUAN
Berikut adalah tujuan dari penelitian :
1.     Untuk mengetahui apakah konsumen puas dengan makanan yang di sajikan oleh Kantin Bunga.
2.     Untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi loyalitas dan kepuasan konsumen
3.     Untuk mengetahui apa saja faktor tersebut dapat mempengaruhi loyalitas konsumen?
.
HASIL DAN KESIMPULAN
          Loyalitas konsumen adalah suatu pembelian ulang yang dilakukan oleh seorang pelanggan karena komitmen pada suatu merk atau perusahaan.
Ada dua faktor yang mempengaruhi suatu konsumen untuk loyal:
  1. faktor harga sesorang tentu akan memilih perusahaan atau merk yang menurutnya menyediakan harga yang murah diantara pilihan yang ada
  2. faktor kebiasaan sesorang yang telah terbiasa menggunakan suatu merk akan sulit untuk berpindah ke perusahaan atau merk yang lain
          Konsumen yang membeli makanan dari Kantin Bunga sebagian besar mendapat informasi dari sekitar. Setelah mengkonsumsi atau melakukan pembelian, maka konsumen akan memberikan penilaian yang dapat berupa kepuasan maupun ketidakpuasan konsumen. Hasil dari kepuasan atau ketidakpuasan tersebut berdampak kepada Loyalitas Konsumen, dan hampir semua konsumen yag pernah mengkonsumsi makanan dari Kantin Bunga menyatakan Puas dengan rasa masakan dan juga pelayanan kantin Bunga. Konsumen yang puas biasanya akan melakukan pembelian ulang, sedangkan konsumen yang tidak puas akan melakukan evaluasi dengan menganalisis kembali faktor- faktor apa saja yang menyebabkan ketidakpuasan tersebut. Konsumen yang puas dan melakukan pembelian berulang-ulang akan berpotensi menjadi pelanggan yang loyal.
          Loyalitas sebagai suatu kondisi dimana pelanggan mempunyai sikap positif terhadap suatu merk, mempunyai komitmen pada merk tersebut, dan bermaksud untuk meneruskan pembeliannya dimasa mendatang. Sehingga loyalitas konsumen dapat diartikan kesetiaan seseorang atas suatu produk, baik barang maupun jasa. Loyalitas konsumen merupakan manifestasi dan kelanjutan dari kepuasaan konsumen dalam menggunakan fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Loyalitas sebagai bukti konsumen yang selalu menjadi pelanggan, memiliki sikap positif yang loyal terhadap perusahaan
SARAN
Untuk lebih meningkatkan pelanggan “Kantin Bunga”, pemilik bisa mencoba unutuk menyajikan variasi menu baru. Selain itu pemilik juga bisa meluaskan ruangan makan Kantin Bunga agar makin banyak konsumen yang datang. Pelayan yang baik harus tetap di jaga karena itu merupakan salah satu faktor loyalnya para konsumen terhadap Kantin Bunga
.
SUMBER REFERENSI:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar