beranda

Senin, 22 Oktober 2012

Analisis Jurnal 1


Tema               : Loyalitas konsumen
Judul             : Analisis kepuasan dan loyalitas konsumen pelanggan pada rumah makan sederhana  Mbak Sum
Pengarang      : Ria rezkiana
Tahun              : 2009
.
Latar belakang:
            Dalam era globalisasi persaingan bisnis sangat tajam, baik di pasaran domestik maupun internasional. Banyaknya persaingan bisnis yang sama menjadi perhatian khusus bagi sang pemilik usaha, salah satu contohnya adalah warung makan sederhana mbak Sum. Karena sang pemilik ingin agar usaha warung sederhananya bertahan lama sehingga pemilik berusaha mencari solusi untuk mewujudkan impianya.
            Hal utama yang biasa diperhatikan dan diprioritaskan adalah dengan membuat strategi pemasaran yang disesuaikan dengan bauran pemasaran (Marketing Mix). Jika pelanggan terpuaskan maka mereka akan berpikir untuk kembali ke rumah makan tersebut di lain kesempatan mungkin dengan kerabat atau koleganya (pembelian ulang / loyalitas). Oleh karena itu sebagai usaha yang bergerak pada usaha rumah makan, maka perusahaan harus memberikan pelayanan yang optimal untuk meningkatkan keloyalitasan konsumen terhadap rumah makan sederhana Mbak Sum
.
Tujuan:
Tujuan penulis membuat penulisan ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keloyalitasan konsumen terhadap kinerja rumah makan sederhana Mbak Sum, Apakah telah memenuhi kepuasan pelanggan yang berkunjung atau justru sebaliknya.
 .
Kesimpulan:
Dari hasil penelitian yang telah dibuat dan diuji, ternyata pelaksanaan rumah makan Mbak Sum belum memenuhi kriteria memuaskan karena kurang dari 100%, namun ada beberapa kriteria yang menurut palanggan telah memuaskan yaitu:
  • Jam buka pkl 06.00 sampai dengan 21.00 (bersifat empati)
  • Layanan delivery pada menu catering (bersifat empati)
  • Harga yang saat ini ditawarkan (bersifat empati)
  • Panyajian makanan yang sesuai dengan pesanan (bersifat daya tanggap)
 .
Saran:
  • Coba untuk lebih memperhatikan rasa pada makanan yang disajikan
  • Coba untuk Lebih bersikap ramah dan sopan dalam pelayanan agar konsumen datang lagi d lain hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar