beranda

Senin, 22 Oktober 2012

Analisis Jurnal 3


TEMA               : Loyalitas Konsumen

JUDUL            : PENGARUH TRUST IN A BRAND  TERHADAP BRAND LOYALTY (KONSUMEN AIR MINUM AQUA DI KOTA DENPASAR)

PENGARANG : GEDE RIANA (Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen; Universitas Udayana, Denpasar)
TAHUN              : 2008
.
Latar Belakang
          Untuk melakukan kegiatan sehari-hari tentunya manusia sangat membutuhkan air, mulai dari makan, minum, mandi, dan segala keperluan lain. Khususnya untuk keperluan makan dan minum, masyarakat kini ditawarkan dengan berbagai merek air minum yang memang sangat dibutuhkan mengingat air sumur atau air tanah di kawasan ibukota tidak layak miunm.
Separuh dari tubuh manusia adalah cairan, oleh karena itu jika saja dalam sehari manusia kekurangan cairan maka sistem pencernaan,ginjal hingga otak tidak mampu bekerja secara maksimal.
          Ditengah-tengah kondisi ibukota yang kondisi air tanahnya semakin memprihatinkan, sejak tahun 1973 AQUA konsisten dengan kualitasnya membantu seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih sehat.
Di dunia kesehatan, terbukti air mineral yang bersih mampu menyehatkan dibanding minuman rasa. Oleh karena itu produk AQUA harus dikembangkan demi tercapainya masyarakat yang sehat. Kesetiaan pelanggan tidak dapat begitu saja diraih oleh PT. Aqua. Puluhan tahun  berjuang untuk meyakinkan bahwa AQUA adalah yang terbaik
.
MASALAH
Dari hal tersebut diatas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.    Apakah variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer brand characteristic secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadapbrand loyalty pada konsumen air minum Aqua ?
2.    Apakah variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer–brand characteristic secara parsial berpengaruh signifikan terhadap brandloyaltypada  konsumen air minum Aqua serta variabel mana yang berpengaruh dominan ?
.
Tujuan Penelitian
1.    Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer – brand characteristicterhadap brand loyalty pada konsumen air minum Aqua.
2.    Untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer–brand characteristic  terhadap brand loyaltypada konsumen air minum Aqua serta variabel yang dominan berpengaruh
.
Kesimpulan
1.    Secara bersama-sama variabel trust in a brand yang meliputi brand characteristic, company characteristic, dan consumerbrand characteristic mempengaruhi brand loyalty.
2.    Secara parsial variabel trust in a brand yang meliputi brand characteristic, company characteristic, dan consumer – brand characteristic berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty.
.
Saran
Upaya peningkatan kepercayaan konsumen terhadap brand characteristictersebut dapat dilakukan melalui peningkatan intensitas kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat.

sumber jurnal   : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar