beranda

Senin, 19 November 2012

6 Tips Cara Hidup Sehat = Masa Depan Cerah


Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit.
Entah sakit badan, sakit perut (mau BAB), sakit hati, apalah itu.
Nah, tapi untuk sakit yang disebabkan gangguan kesehatan, itu bisa muncul kapan aja tanpa kita ketahui gejala dan penyebabnya.
Padahal faktor utama dari semua itu adalah gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.
Jika kita ingin tetap sehat, sebenarnya ada banyak cara sehat  untuk mendapatkannya.
Check this out :D

1. Asupan udara bersih yang cukup
Agar paru-paru kita bersih dan sehat, kita harus menghirup udara yang bersih dan sehat. Caranya tidaklah susah. Kita tidak perlu sampai membeli tabung oksigen murni untuk kita pakai kemana mana. Kita hanya tinggal bangun pagi dan hirup udara segar dilingkungan kita. Kita juga dapat menghindari udara polusi seperti asap rokok, kendaraan, dan debu dijalanan.

2. Minum air putih 8-10 gelas per hari
Air putih adalah minuman paling berharga di dunia. Di hotel-hotel pun, harganya yang paling mahal. Nah untuk itu, minumlah air putih 8-10 gelas setiap harinya. Kebiasaan ini pasti akan membantu menjaga kelancaran fungsi ginjal dan saluran kemih. Usahakan minum air hangat dimalam hari dan air sejuk di siang hari. Jika ingin mengeluarkan toksin dari tubuh, kita dapat menambahkan sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis.

3. Makan menu makanan bergizi, baik, dan benar
Pilihlah set menu dengan porsi gizi yang cukup dan variatif. Tambahlah asupan gizi yang berhubungan dengan sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung banyak serat dan zat gizi yang diperlukan tubuh. Jauhkanlah diri dari junk food dan makanan olahan, serta kurangi konsumsi garam dan gula. Oh iya, jangan lupa untuk sarapan pagi lho! Karena sarapan pagi dapat menunjang aktifitas kita 1 hari penuh.

4. Seimbangkan aktifitas hidup antara kerja, olahraga, dan istirahat
Kerja terus menerus tanpa istirahat yang cukup tidak akan menguntungkan anda. Usahakanlah untuk berisitirahat teratur 7-8 jam pada malam hari dan jangan terlalu sering begadang. Try to use your free time to have semacam olahraga ringan. Kalau kita sudah membiasakan diri dengan berolahraga 2-3 kali per minggu, selama 30 - 45 menit, tubuh kita pasti menjadi semakin bugar dan berstamina prima.
5. Jaga otak kita

Otak sama seperti tubuh kita yakni membutuhkan isitirahat. Janganlah terlalu banyak memberi beban terhadap otak. Kita dapat melakukan aktivitas yang membuat otak bekerja lebih santai seperti mendengarkan musik, menutup mata dan bersantai, dan lain lain.

6. Live your life nicely
Hiduplah dengan baik. Kita HARUS hidup dengan baik dan harmonis. Janganlah suka untuk bersenang-senang dengan kebiasaan hidup yang buruk dan beresiko. Jauhkanlah diri dari minuman keras, merokok, drugging, clubbing, free sex, dan lain lain.

sumber :
http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/07/25/6-tips-cara-hidup-sehat-masa-depan-cerah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar