beranda

Senin, 19 November 2012

BAB 2

Teori  


          Perilaku konsumen merupakan suatu aspek penting yang harus diperhatikan dalam memenuhi dan melayani kebutuhan dan keinginan konsumen. Menurut Sumarwan (2003), perilaku konsumen merupakan kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi. Perilaku konsumen merupakan proses pengambilan keputusan dan aktivitas masing-masing individu yang dilakukan dalam rangka evaluasi, penggunaan atau mengatur barang-barang dan jasa (Nugroho, 2002). Menurut Mangkunegara (2002), perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan dan menggunakan barang-barang ekonomis yang dapat dipengaruhi lingkungan. olah karena itu pengarang disini akan menganalisis dari tiga jurnal yaitu, "analisis kepuasan dan loyalitas pelanggan pada rumah makan sederhana mbak sum" , " analisis dan loyalitas konsumen terhadap tingkat penjualan dikantin bunga" dan "pengaruh trust in a brand terhadap brand loyality (konsumen air minum aqua di kota denpasar" untuk mengetahui pengaruh tingkat loyalitas terhadap perilaku konsumen indonesia.

Penelitian terdahulu
Jadi kesimpulan sementara dari jurnal-jurnal diatas adalah
·         Pelayanan merupakan faktor yang mempengaruhi keloyalitasan konsumen
·         Harga mempengaruhi loyalitas konsumen
·         Brand mempengaruhi loyalitas konsumen

hipotesis
Secara parsial variabel trust in a brand yang meliputi brand characteristic, company characteristic, dan consumer – brand characteristic berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Dan faktor harga sesorang tentu akan memilih perusahaan atau merk yang menurutnya menyediakan harga yang murah diantara pilihan yang ada serta ada beberapa kriteria yang menurut palanggan telah memuaskan yaitu:
·             Jam buka pkl 06.00 sampai dengan 21.00 (bersifat empati)
·             Layanan delivery pada menu catering (bersifat empati)
·             Harga yang saat ini ditawarkan (bersifat empati)
·             Panyajian makanan yang sesuai dengan pesanan (bersifat daya tanggap)

refrensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar