- PENGERTIAN
BUDGET BIAYA PENJUALAN
Budget biaya penjualan (Selling Expenses Budget) ialah budget yang
merencanaan secara lebih terperinci tentang biaya-biaya yang terjadi serta
terdapat di dalam lingkungan bagian penjualan, serta biaya-biaya lain yang
berhubungan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh bagian penjualan, yang
di dalamnya meliputi rencana tentang jenis biaya penjualan, jumlah biaya
penjualan dan waktu biaya penjualan tersebut terjadi dan dibebankan, yang
masing-masing dikaitkan dengan tempat (departemen) dimana biaya penjualan
tersebut terjadi.
Beberapa bagian (departemen)
yang biasanya dipergunakan oleh perusahaan, antara lain:
1.
Bagian promosi
Yang menangani urusan kegiatan promosi, baik dengan periklanan
(advertising),promosi penjualan (sales promotion), kontak penjualan pribadi
(personal selling) maupun dengan publisitas (publicity). Pembuatan iklan di perusahaan kecil sering
ditangani oleh orang di departemen pemasaran atau penjualan yang bekerjasama
dengan biro iklan, sedangkan perusahaan besar sering membentuk departemen
periklanannya sendiri (M.Suyanto,2005)
2.
Bagian transaksi
Yang menangani urusan
transaksi dengan para pembeli atau pelanggan.
3.
Bagian Ekspedisi (transportasi)
Yang menanggani urusan
pengiriman barang-barang yang terjual ke tempat pembeli
4.
Bagian Purna Jual
Yang menangani urusan
pelayanan purna jual
5.
Bagian Pengembangan dan Penelitian Pasar
Yang menangani urusan penelitian-penelitian pasar, baik penelitian
kualitatif maupun penelitian kuantitatif, untuk kepentingan peningkatan
penjuala
Sumber :
Wahyuni, Fitriya. 2011. Marketing Communication. Depok : Litbang Markom
Tidak ada komentar:
Posting Komentar