Saluran Komunikasi Personal
Secara garis besar, saluran komunikasi dibagi 2,
yaitu personal dan non-personal. Saluran komunikasi personal meliputi dua orang
atau lebih yang berkomunikasi langsung secara tatap muka antara pembicara
dengan audiensnya, mengunakan telepon ataupun e-mail. Komunikasi personal dapat
lebih efektif dengan adanya peluang untuk mengindividualisasikan
penyampaian pesan dan umpan baliknya.
Pembedaan lebih lanjut dapat diterapkan pada
saluran komunikasi pendukung, pakar, dan sosial. Saluran pendukung terdiri dari
wiraniaga yang menghubungi pembeli pada pasar yang dibidik. Saluran pakar
mencakup para ahli independen yang membuat pernyataan dan ditujukan kepada
calon pembeli. Saluran sosial meliputi, tetangga, teman, anggota keluarga dan
kenalan yang berkomunikasi dengan pembeli sasaran. Banyak orang bersedia
mencoba produk baru karena faktor pertemanan ataupun kerabat.
Pengaruh personal sangat menentukan khususnya
bila produknya sangat mahal, jarang dibeli, dan beresiko. Pembeli cenderung
mencari informasi secara aktif. Situasi laiinya yaitu kalau produk nya terkait
dengan masalah selera atau status pemakai. Pembeli akan berkonsultasi dahulu
untuk menghindari rasa malu.
Sumber :
Wahyuni, Fitriya. 2011. Marketing Communication. Depok : Litbang Markom
Tidak ada komentar:
Posting Komentar